UTS Jujur, Pasti bisa!

ujian

Ujian Tengah Semester (UTS) semester gasal T.P. 2016/2017 di SMP Negeri 1 Poncowarno dilaksanakan mulai tanggal 19-24 September 2016. berikut merupakan cuplikan pengertian UTS yang diambil dari Kurikulum SMP Negeri 1 Poncowarno;

Ulangan Tengah Semester

A. Pengertian

Adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.

Dalam rangka penilaian hasil belajar (rapor) pada semester satu penilaian dapat dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester,  ulangan akhir semester, dan  dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti pekerjaan rumah (PR), proyek, pengamatan dan produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisi nilai rapor semester satu.

Pada semester dua  penilaian dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan kenaikan kelas dan dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisi nilai  rapor pada semester dua.

B. Tujuan dan Fungsi Penilaian Hasil Belajar

  1. Tujuan Umum :

1)      Menilai pencapaian kompetensi peserta didik;

2)      Memperbaiki proses pembelajaran;

3)      Sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar siswa.

  2. Tujuan Khusus :

1)      Mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa;

2)      Mendiagnosis kesulitan belajar;

3)      Memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar;

4)      Penentuan kenaikan kelas;

5)      Memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan

3.  Fungsi Penilaian Hasil Belajar

Fungsi penilaian hasil belajar sebagai berikut.

  1. Bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  2. Umpan balik dalam perbaikan proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
  4. Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.

 

Target dari UTS yaitu 100% peserta didik mendapat nilai diatas KKM yang telah ditetapkan oleh Sekolah. Namun, nilai kejujuran sebagai wujud penerapan karakter integritas harus diutamakan guna menuju pendidikan yang berkualitas menuju generasi emas.  Arie Budiman (2016) menyampaikan bahwa pada prinsipnya ada lima nilai utama karakter yang menjadi pedoman pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter yakni, nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong-royong, dan religius. Hal ini berdasarkan nilai-nilai “Gerakan Nasional Revolusi Mental” yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Beberapa waktu yang lalu kita juga sering mendengar istilah “Berani Jujur itu Hebat” namun seiring dengan berkembangnya waktu dimasa depan kita harus melihat bahwa kejujuran adalah suatu kebiasaan, dengan kata lain kita harus heran jika ada yang berperilaku tidak jujur. Anis Baswedan (2015) juga menyampaikan bahwa Kejujuran adalah Masa depan kita!

Nah…, Marilah kita gunakan kegiatan UTS ini sebagai ajang untuk membiasakan nilai nilai Kejujuran kita. UTS Jujur, Pasti bisa!

Selamat mengikuti UTS dengan Jujur.

Standar Proses

I don't know much about me.

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. M. Alip Wahyudin berkata:

    Kejujuran penting untuk dijunjung tinggi dan harus menjadi prioritas penanaman karakter pada siswa dalam berbagai kegiatan termasuk dalam evaluasi

  2. Paryanto berkata:

    Kejujuran juga merupakan modal utama untuk selamat di dunia dan akherat… okey setuju sekali…kedepankan kejujuran peserta didik untuk pembentukan karakter bangsa..

  3. Ridwan A berkata:

    terima kasih

  4. Sobirn berkata:

    Saya ikut bangga menjadi alumni SMP Negeri 1 Poncowarno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *